Kini Jalanan Papua Barat Telah Diterangi PJU-TS

Pam, offshoreindonesia.com
Kamis, 20 Oktober 2022 | 09:37 WIB


Kini Jalanan Papua Barat Telah Diterangi PJU-TS
Foto: Biro KLIK ESDM
Offshore Indonesia - Penerangan jalan, bagi sebagian masyarakat mungkin jadi hal yang biasa. Suatu hal yang umum ditemui di berbagai sudut kota, atau di daerah yang akses energinya mudah didapat. Namun, di tempat lain, jauh di timur negeri, masih ada sebagian masyarakat yang apabila malam datang hanya gelap yang bisa dipandang. Jalanan pun gulita, samar-samar cahaya lampu hanya berasal dari rumah-rumah dan sesekali dari kendaraan yang lewat.

"Dulu banyak jalanan di sini masih gelap. Kalau malam, apalagi cuaca hujan, pandangan susah sekali. Hanya dari sorot lampu mobil saja. Itupun kadang berembun, tidak jelas," cerita Ikmal di rumahnya di Distrik Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Selasa (13/10).

Ikmal (29) adalah sorang sopir angkutan barang di Waisai, Raja Ampat. Sehari-hari ia bekerja mengangkut barang baik barang yang tiba dari pelabuhan dan juga antar-antar barang di sekitar Waisai. Tak jarang Ikmal pun harus mengirim barang di waktu malam.

"Kadang saya jam 8 malam masih kirim barang. Lewat lorong-lorong (jalan kecil) yang masih gelap. Pokoknya saya ini standby 24 jam, yang penting ada penghasilan," tutur Ikmal.

Kini setelah banyak titik jalan di Distrik Waisai yang sudah terpasang lampu penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS), Ia merasa sangat terbantu. Banyak jalanan kini sudah terang. Ia dan masyarakat merasa lebih aman dan meminimalisir terjadinya kecelakaan.

"Setelah adanya lampu ini (PJU-TS), kami sopir-sopir di sini sangat terbantu. Sudah tidak takut lagi kalau malam. Biasa di tikungan itu kalau malam apalagi cuaca hujan sering ada kecelakaan, sekarang sudah tidak, pokoknya PJU-TS ini su andalan sekali," ungkap Ikmal.

Distrik Waisai, Kabupaten Raja Ampat menjadi salah satu lokasi dipasangnya PJU-TS di wilayah Papua Barat. Pada tahun 2021, total sebanyak 350 unit PJU-TS telah terpasang dan beroperasi dengan baik memberikan penerangan bagi masyarakat di 12 kabupaten di wilayah Provinsi Papua Barat.

Harapan pemerintah, selain sebagi sarana penerangan jalan, manfaat PJU-TS juga dapat meningkatkan keamanan, keselamatan, dan kemudahan masyarakat dalam beraktifitas di malam hari sehingga dapat meningkatkan taraf hidup baik secara sosial maupun ekonomi.