Jonan Dicoret, Giliran Putera NTT Pimpin ESDM?

doci, offshoreindonesia.com
Selasa, 22 Oktober 2019 | 19:19 WIB


Jonan Dicoret, Giliran Putera NTT Pimpin ESDM?
Jhonny G Plate (istimewa)
OFFSHORE Indonesia – Pemanggilan para calon menteri kabinet kerja jilid II terus berlangsung. Di antara mantan menteri yang tak lagi dipanggil ke Istana adalah Jonan Ignasius, mantan Menteri ESDM. Begitu pula dengan wakilnya, Arcandra Tahar, yang hingga kini belum merapat ke Istana.

Di saat bersamaan, Jhonny G Plate menyambangi Istana, Selasa (22/10/2019). Plate yang politisi NasDem ini mendatangi Istana dengan mengenakan kemeja putih. Beredar isu, Plate akan diplot Jokowi sebagai Menteri ESDM.

Pos ESDM memang sesuai dengan latar belakang Plate sebagai pengusaha. Pria kelahiran Ruteng Manggarai, Flores, NTT pada 10 September 1956, ini sudah dikenal sebagai pengusaha sejak tahun 80-an. Kiprah bisnisnya bergerak pada alat-alat kebutuhan pembukaan perkebunan khususnya di wilayah Kalimantan dan Papua. Plate juga merambah bisnis penerbangan dan pernah menjadi bagian dari Air Asia. 

Jebolan Universitas Katolik Atma Jaya ini, semasa kuliah, juga pernah tercatat sebagai aktivis di Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI). Adapun kiprah politiknya dimulai ketika bergabung dengan Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI), walau partainya gagal melenggang ke parlemen.

Barulah pada Pemilu 2014, Plate sukses merebut satu kursi di Senayan dari daerah pemilihan NTT. Pada 2017, Plate ditunjuk Ketum NasDem Surya Paloh sebagai Sekjen NasDem. Sementara pada Pemilu 2019, Plate kembali sukses melenggang ke Senayan. Kini, apakah Plate akan ditunjuk Jokowi sebagai pengganti Jonan?