Tanpa Insiden, PDC Selesaikan 167 Lokasi Sumur

Pambudi, offshoreindonesia.com
Selasa, 31 Oktober 2023 | 11:49 WIB


Tanpa Insiden, PDC Selesaikan 167 Lokasi Sumur
Foyo: Humas PDC
Offshore Indonesia - PT Patra Drilling Contractor (PDC) telah berhasil menyelesaikan 167 Wellsite di lokasi PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Riau sejak September 2021 hingga September 2023. Catatan keberhasilan ini diikuti dengan pencapaian 1.396.943 jam kerja aman dan Zero Incident. 

PDC, anak perusahaan PT Pertamina Drilling Services Indonesia, merupakan mitra kerja PHR yang menyediakan jasa wellsite preparation yaitu jasa Pekerjaan konstruksi Sipil dalam pembuatan lokasi pengeboran minyak, selain jasa tersebut ada jasa sewa dan pemasangan composite matting board yang dilaksanakan sejak 2021 di wilayah kerja Rokan Provinsi Riau.

Pencapaian Zero Incident ini menjadi catatan dan capaian penting bagi PDC karena hal ini menjadi tanda bahwa PDC telah menjadikan keselamatan pekerjaan sebagai prioritas utama dalam melaksanakan setiap pekerjaan yang dipercayakan oleh Client . Hal ini sekaligus pula menjadi bukti penerapan Health Safety Security and Environment (HSSE) yang telah berjalan baik dan diterapkan terus secara konsisten, sejalan dengan  visi dan misi PDC untuk menjadi perusahaan penyedia jasa penunjang terbaik dalam industri energi di Indonesia dengan menyediakan pelayanan kepada pelanggan dengan standar Health, Safety, Security & Environment (HSSE) dan keunggulan operasional kelas dunia. 

Faried Iskandar Dozyn selaku Direktur Utama PDC mengungkapkan dalam keterangan pers tertulis yang diterima redaksi, Selasa (31/10), “Ini adalah bentuk sinergi antara PDC dan PHR dalam mendukung Pertamina. Kita ketahui hingga pertengahan Oktober tahun 2023 ini sudah 167 wellsite yang berhasil diselesaikan PDC. Hasil ini tentunya berkat kerja keras dan dukungan banyak pihak, mulai dari perwira,  stakeholder serta dukungan penuh dari Pertamina Hulu Rokan dalam mensupport kelancaran proyek ini.”

Faried menambahkan, “Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh perwira khususnya garda terdepan perusahaan yang telah mampu bekerja dengan aman sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan Zero Incident. Jangan pernah lupa untuk terus konsisten dalam menerapkan HSSE Golden Rules, CLSR serta Operation Excellent dalam setiap langkah pekerjaan yang dilakukan.“

Lebih lanjut VP EPCI PDC, Achmad Rifai menuturkan, “Untuk mencegah meningkatnya risiko operasi, PDC telah membangun pondasi pemahaman kepada seluruh perwira terkait HSSE & Operation Excellence, yang wajib diimplementasikan dan diukur dalam setiap pekerjaan yang dikerjakan oleh setiap perwira PDC,” tegasnya.

Wellsite Preparation merupakan salah satu jasa yang dilakukan oleh PDC sejak Juli tahun 2019. Sejak dimulainya jasa pekerjaan wellsite preparation ini, hingga kini PDC telah berhasil menyelesaikan 193 sumur di berbagai lokasi dan wilayah kerja yang tersebar di Indonesia.

PDC memiliki 11 Unit usaha yaitu Manpower Services, Engineering Procurement & Construction (EPC), Contract Service, Food and Lodging Services (FLS), Building & General Services, Operation & Maintenance, Light Transport Services (LTS), Marine Services, Heavy Equipment & Trucking Services (HTE), Oilfield Equipment Trading, serta Chemical Services.