Era Renewable Energy Siap Masuk Pasar Indonesia

Pam, offshoreindonesia.com
Sabtu, 04 Juli 2020 | 22:58 WIB


Era Renewable Energy Siap Masuk Pasar Indonesia
Prayitno, VP Refining Business Development PT. Kilang Pertamina Internasional
OFFSHORE Indonesia - Salah satu isu strategis yang mengemuka di industri migas adalah perumusan kembali model bisnis migas di tengah volatilitas harga yang memerlukan perubahan revolusioner, baik di sektor hulu (upstream) maupun sektor menengah-hilir (midstream-downstream). 

Perubahan yang pesat di bidang teknologi perlu menjadi pertimbangan utama dalam merumuskan model baru bisnis migas. Itu perlu dilakukan guna memanfaatkan peluang yang muncul dalam konteks lanskap energi masa depan. Model bisnis ini amat menentukan kelincahan perusahaan migas dalam menyongsong era energi baru seiring meningkatnya harapan konsumen di era energi baru (new energy). 

Untuk mengkaji permasalah tersebut, pada tanggal 2 Juli 2020, Universitas Pertamina bersama Indonesia Strategic Management Society (ISMS) melaksanakan webminar UPbringing Live Session: Meet The Expert and ISMS Live Session 3 on Energy dengan tema "Reinventing Oil and Gas Business Model: Toward A New Energy Era".

Menurut Prayitno, VP Refining Business Development PT. Kilang Pertamina Internasional bahwa saat ini PT Pertamina (Persero) telah memiliki program pengembangan Biorefinery. Pengembangan itu dengan bahan baku CPO untuk menghasilkan Green Diesel dan Green Jet Fuel, 

Selain itu Pertamina juga memiliki program pembangunan unit hydrotreating untuk produksi Low Sulfur Diesel, serta program pengembangan kilang (RDMP dan GRR) yang telah mempertimbangan integrasi antara Refinery dan Petrochemical. 

“Hal ini dilakukan sebagai strategi untuk menghadapi tantangan bisnis pengolahan minyak, diantaranya: gap antara produksi vs konsumsi. Demand fuel yang berpotensi menurun akibat penetrasi EV, serta regulasi sulfur pada Diesel max 50 ppm tahun 2025 mendatang,” jelasnya.

Sementara itu pembicara lain di acara tersebut,  Eka Satria mengatakan bahwa Medco Power berkomitmen untuk mendukung Pemerintah dalam mengembangkan energi bersih dan terbarukan untuk Indonesia. 

“Kita sedang mengalami masa transisi energi yang ditandai dengan peningkatan peran energi baru dan terbarukan (ramah lingkungan). Sebagai sumber energi, gas merupakan enabler dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, sejalan dengan bauran energi nasional yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Gas berperan penting dalam menjembatani transisi energi untuk memenuhi permintaan energi masa depan,” pungkasnya.