Ultah Ke-24, Elnusa Petrofin Berbagi Buku untuk Nusantara

Pam, offshoreindonesia.com
Selasa, 07 Juli 2020 | 21:02 WIB


Ultah Ke-24, Elnusa Petrofin Berbagi Buku untuk Nusantara
Elnusa Petrofin Ultah Ke-24, Berbagi Buku Untuk Nusantara
OFFSHORE Indonesia - Bulan Juli tepatnya pada tanggal 5 Juli tahun 2020 PT Elnusa Petrofin (EPN) genap berusia 24 Tahun. Selama 24 tahun, Elnusa Petrofin mengukir namanya sebagai perusahaan penyedia jasa hilir migas terpercaya di Indonesia yang dengan penuh dedikasi menghantarkan Energi untuk  penjuru Negeri.

Perayaan Ulang Tahun Elnusa Petrofin (EPN) ke 24 kali ini dirayakan dengan berbeda dan sederhana. Disesuaikan dengan kondisi yang ada, perayaan Hari ulang Tahun dilakukan melalui daring (online) yang diikuti seluruh pekerja EPN dari Sabang sampai Merauke. Rangkaian acara demi acara disusun apik hingga dalam kesederhanaan, tetap terasa meriah dan penuh  makna.

Mengusung tagline New Normal Spirit! Sehat, Inovatif, dan Berbagi sebagai tema ulang tahun kali ini,  Elnusa Petrofin memaknai hari jadinya dalam situasi yang penuh dengan perubahan yang menuntut semua pihak untuk senantiasa Agile, Adaptif dan Responsif menghadapi segala tantangan namun juga  tetap menjunjung tinggi kepedulian terhadap sesama. 

Sebagai wujud rasa syukur akan perjalanan usia Elnusa Petrofin ke 24 tahun, EPN menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) “Berbagi Buku Untuk Nusantara” yang berlangsung dari tanggal 1-7 Juli 2020 dan dilakukan seluruh wilayah operasional EPN di penjuru Indonesia.

Gagasan kegiatan CSR ini lahir dari kepedulian akan dunia pendidikan yang tentunya sangat terdampak dengan pandemic COVID-19. Dimana banyak institusi Pendidikan tidak beroperasi dan mengganti kegiatan belajar mengajarnya via daring (online) dari rumah siswa dan siswi masing-masing. Meski menggunakan daring, buku tulis maupun buku latihan seperti buku gambar serta buku bacaan tetap diperlukan oleh siswa untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Keadaan ekonomi orang tua serta anjuran social distancing serta tutupnya toko-toko yang menjual buku serta alat tulis membuat anak anak khususnya yang tinggal di daerah pelosok dan terpencil kesulitan untuk memperoleh buku dan alat tulis lainnya. Momentum ini juga bersamaan dengan dimulainya tahun ajaran baru 2020 yang semakin mendorong gagasan dan perwujudan dari konsep CSR ini.

Kirana Rodino, murid kelas 5 Sekolah Minggu Jemaat Galilea Tapuang, Tahuna yang berada di ujung utara Provinsi Manado mengatakan bahwa apa yang didapatkan dari Elnusa Petrofin menjadi kado indah di awal tahun ajaran baru. “Saya jadi punya buku dan perlengkapan belajar yang baru, saya dan teman-teman pun senang karena yang kami dapatkan bisa menjadi motivasi supaya kami belajar lebih giat lagi. Terimakasih untuk bapak dan kakak Elnusa Petrofin atas bantuan yang telah diberikan untuk kami,” ujar Kirana.

Kurang lebih sekitar 31.059 telah dibagikan dalam kegiatan CSR Berbagi Buku Untuk Nusantara yang berlangsung dari awal Juli 2020. “Bantuan buku tersebut terdiri dari buku buku tulis, buku gambar, dan buku keagamaan untuk anak-anak dan sasaran kegiatan adalah anak-anak terutama yang tinggal di lingkungan sekitar ring 1 unit operasional Elnusa Petrofin di Seluruh penjuru Indonesia. Selain itu, juga diberikan ke panti asuhan yang membutuhkan," ujar Putiarsa Wibowo – Corporate Coommunications.  

Sejalan dengan itu, Evi Silvia Salsabila, Head of Corporate Planning & Corporate Communication PT. Elnusa Petrofin juga menegaskan, “Elnusa Petrofin selama ini telah melaksanakan berbagai program yang bertujuan untuk ikut aktif dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Diawali di tahun 2017 dengan meluncurkan Program bantuan beasiswa untuk anak Awak Mobil Tangki berprestasi yang kemudian diikuti dengan berbagai bentuk beasiswa lain,  kali ini EPN pun meluncurkan program berbagi buku dengan harapan dapat membantu upaya mencerdaskan anak bangsa hingga ke berbagai pelosok tanah air.”

Dalam Program CSR , Elnusa Petrofin mempunyai program CSR #petrofinpeduli  yang menyentuh berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat, seperti di bidang Pendidikan, tanggap bencana, sosial kemasyarakatan serta kesehatan. Direktur utama Elnusa Petrofin Haris Syahrudin menambahkan bahwa Elnusa Petrofin selalu berusaha memberikan kontribusi positif kepada masyarakat terlebih pada masa sulit seperti ini.

“Sebagian besar kegiatan operasional dan bisnis Elnusa Petrofin sangat dekat dengan keseharian masyarakat, terlebih lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. untuk itulah kami juga selalu mengutamakan kepedulian dengan masyarakat secara berkelanjutan”. Semoga kegiatan CSR ini dapat sedikit membantu anak-anak pada khususnya dalam mendukung kegiatan belajar mengajar mereka dalam situasi new normal ini," pungkas Haris Syahrudin.