Adani Dinobatkan Sebagai Pemilik Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Dunia

Sarwono, offshoreindonesia.com
Jumat, 04 September 2020 | 12:15 WIB


Adani Dinobatkan Sebagai Pemilik Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Dunia
PLTS Adani
OFFSHORE Indonesia - Peringkat terbaru perusahaan tenaga surya global oleh Mercom Capital menempatkan Adani Group sebagai pemilik aset pembangkit listrik tenaga surya nomor satu di dunia dalam hal pengoperasian dan kontrak proyek tenaga surya off-taker. Portofolio energi terbarukan milik Adani melebihi total kapasitas yang terpasang oleh industri tenaga surya Amerika Serikat pada tahun 2019 dan akan menggantikan 1.4 milyar ton karbon dioksida selama masa pakai asetnya. 

Adani adalah salah satu perusahaan tenaga surya yang paling terintegrasi di dunia, memproduksi sel surya dan modul surya, melakukan pengembangan proyek, konstruksi, penataan keuangan dan memiliki dan mengoperasikan assetnya melalui platform manajemen aset internal yang kuat. Menurut peringkat Mercom Capital, Adani kira-kira 70 persen lebih besar dari perusahaan pembangkit listrik tenaga surya terbesar dunia di peringkat selanjutnya.

Jejak global milik Adani termasuk proyek-proyek yang memperkaya kehidupan dan berkontribusi terhadap pembangunan infrastruktur untuk pembangunan berkelanjutan. Di Indonesia, selain investasi ke sektor energi, Adani memiliki kontribusi besar di Pulau Bunyu, Kalimantan Utara. 

PT Adani Global mendukung pendidikan universitas untuk para mahasiswa melalui program beasiswa, penyediaan air bersih untuk desa-desa, pelatihan teknologi modern perikanan bagi nelayan lokal, serta menyediakan fasilitas ambulans speedboat bagi masyarakat lokal di Pulau Bunyu. Adani Green Energy Limited (AGEL) mendirikan proyek tenaga surya pertamanya pada tahun 2015. Di tahun 2017, Adani telah menyelesaikan dua proyek tenaga surya. 

Adani Green Energy Limited melakukan penawaran umum saham (NSE: ADANIGREEN) pada tahun 2018 dan telah mempercepat kehadirannya untuk mencapai pencapaiannya pada saat ini sebagai perusahaan tenaga surya terbesar di dunia dalam kurun waktu 5 tahun, dan telah menetapkan target untuk mencapai 25GWac energi terbarukan pada tahun 2025. 

Menanggapi peringkat tersebut, Gautam Adani, Ketua Adani Group mengatakan “Pencapaian peringkat ini adalah hasil dari komitmen kami untuk mencipatkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk masa depan yang berdaya bersih. Meskipun kami senang menjadi perusahaan tenaga surya terbesar di dunia, kami menyadari bahwa masih banyak hal yang kami harus lakukan ketika dunia semakin bertransisi ke energi yang terdekarbonisasi. Kami mengantisipasi bahwa dalam satu dekade kedepan beberapa model bisnis akan terdampak dari hasil distrupsi yang disebabkan oleh persinggungan jatuhnya biaya energi terbarukan dan kemampuan teknologi dalam mengubah skala industri.” 

Kami berharap bahwa platform energi terbarukan Adani akan menciptakan kemungkinan baru bagi bisnis utama kami sehingga kami dapat mengatasi beberapa masalah paling sulit yang sedang dihadapi

masyarakat, termasuk energi desentralisasi yang terjangkau, ketersediaan air bersih yang terdistribusi, hidrogen hijau sebagai bahan bakar alternatif, dan agrikultur mikro. Membangun kemitraan dengan industri besar, penyedia pusat data, dan pemain energi terintegrasi global yang ingin mengurangi jejak karbon mereka juga akan terus mempercepat pertumbuhan kami. AGEL diluncurkan hanya lima tahun yang lalu, kisah kami baru saja dimulai.” 

AGEL juga meraih posisi paling atas dalam peringkat global hal pembangunan dan proyek berkapasitas 10.1 GW, menjadikannya pemimpin dalam penyebaran proyek energi terbarukan berskala besar. 

Dengan dorongan India untuk mengajak mitra bisnis global berinvestasi di dalam negeri, India melihat jejak energi terbarukannya yang terus tumbuh membantu perusahaan secara bersamaan memenuhi dua tujuan penting: memasuki salah satu pasar konsumen yang tumbuh paling cepat di dunia dan mencapai target keberlanjutan mereka.

Adani Group telah menempatkan dirinya di persimpangan ini untuk membantu para mitra bisnis meraih kedua tujuan tersebut Tentang Adani Group Adani Group adalah konglomerat industri terintegrasi yang beroperasi secara global dengan enam perusahaan publik dengan total pendapatan US $15 milliar dan kapitalisasi pasar sebesar ~ US $30 miliar. Adani telah menciptakan portofolio transportasi dan infrastruktur utilitas kelas dunia dengan kehadiran di seluruh India. 

Adani Group berkantor pusat di Ahmedabad, di negara bagian Gujarat, India. Selama bertahun-tahun, Adani Group telah memposisikan dirinya untuk menjadi pemimpin pasar dalam bisnis portofolio logistik transportasi dan utilitas energinya yang berfokus pada pengembangan infrastruktur berskala besar di India dengan praktik O&M yang mengacu pada standar global. Dengan empat bisnis berperingkat IG, Adani adalah satu-satunya penerbit Infrastructure Investment Grade di India. 

Keberhasilan dan posisi kepemimpinan Adani berkat filosofi inti perusahaan: ‘Pembangunan Bangsa’ yang didorong oleh ‘Pertumbuhan dengan Kebaikan’ – sebuah prinsip panduan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. 

Adani berkomitmen untuk meningkatkan jejak tata kelola lingkungan, sosial, dan perusahaan dengan menyelaraskan kembali bisnisnya dengan penekanan pada perlindungan iklim dan meningkatkan penjangkauan masyarakat melalui program CSR berdasarkan prinsip keberlanjutan, keberagaman, dan nilai-nilai bersama.


ARTIKEL TERKAIT